Prosedur Pembersihan Kamar Tamu Hotel
Disini kami akan berikan materi mengenai Prosedur dalam pembersihan kamar tamu. Kita ketahui bahwa setiap usaha apapun pasti memiliki prosedur yang jelas dalam menunjang segala aktivitas dalam segala usaha, tanpa terkecuali Hotel.
Hotel adalah sebuah industri yang bergerak di bidang jasa. Hotel menyediakan berbagai fasilitas yang dapat digunakan para tamu yang ingin menginap. Kamar tidur di sebuah hotel adalah salah satu fasilitas yang disediakan bagi para tamu. Kelengkapan, kebersihan, dan kenyamanan sebuah kamar hotel adalah cerminan kualitas hotel tersebut. Departemen yang bertugas dalam membersihkan dan memberikan kenyamanan pada kamar tamu di hotel adalah departemen housekeeping, terutama bagian room section. Para room attendant pada bagian room section memiliki tanggung jawab menjaga kebersihan suatu kamar hotel. Room attendant harus menguasai prosedur yang tepat saat akan membersihkan kamar hotel. Tahapan prosedur yang harus dilakukan para room attendant saat melakukan pembersihan kamar hotel, yaitu sebagai berikut.
1. Persiapan diri.
2. Persiapan perlengkapan.
3. Pemeriksaan awal.
Penjelasan dari tiap tahapan prosedur membersihkan kamar tamu, yaitu sebagai berikut.
1. Persiapan Diri
Pada tahap persiapan diri, seorang room attendant harus memperhatikan penampilan diri sebelum memulai pekerjaannya. Hal ini bertujuan menjaga profesionalitas seorang room attendant selama berada di hotel. Penampilan diri seorang room attendant yang harus diperhatikan, yaitu kelengkapan seragam yang digunakan, penampilan wajah, dan kebersihan badan.
Selain memperhatikan penampilan diri, seorang room attendant harus menjaga sikap selama berada di lingkungan hotel, seperti menunjukkan keramahan, kesopanan, kejujuran, dan kedisiplinan saat bekerja. Para staff hotel, terutama room attendant, wajib mengucapkan salam kepada staff atau saat bertemu dengan tamu.
Hal ini dilakukan untuk menjaga rasa kekeluargaan di lingkungan hotel. Hal lain yang harus diperhatikan para room attendant selama melakukan pekerjaan adalah ketelitian dan kecepatan saat bekerja. Pada setiap shift diperlukan waktu 15-30 menit untuk membersihkan kamar tamu sehingga pihak front Office dapat dengan cepat menjual kamar hotel yang sudah dibersihkan.
2. Persiapan Perlengkapan
Setelah roomboy atau room maid memeriksa penampilan diri sebelum bekerja, mereka juga harus mempersiapkan perlengkapan kerja untuk membersihkan kamar tamu. Dalam mempersiapkan perlengkapan kerja, terdapat beberapa tahap yang harus dilakukan oleh room boy atau room maid, yaitu sebagai berikut.
a. Room boy atau room maid yang sudah datang ke hotel harus melapor kepada housekeeping office dengan menandatangani daftar hadir (attendant record) pada kolom time in.
b. Setelah itu, room attendant mengambil daftar kamar-kamar yang harus dibersihkan (room assignment sheet) yang dipersiapkan oleh floor supervisor.
C. Mengambil kunci kamar (master key) sesuai dengan daftar kamar pada room assignment sheet, kemudian menandatangani key log book pada kolom key out.
d. Mengikuti morning briefing yang dipimpin oleh supervisor room attendant untuk mendapatkan informasi terkait dengan EA, ED, VIP dan lainnya.
e. Setelah mengikuti morning briefing, room boy atau room maid menuju section masing-masing sesuai dengan bagian tugasnya (lantai) dan mengambil trolley untuk menyimpan peralatan yang menunjang kerja membersihkan kamar.
f. Selanjutnya, room boy atau room maid siap untuk membersihkan tugas sesuai dengan tanggung jawabnya.
3. Pemeriksaan Awal (First Checking)
Setelah room boy atau room maid mempersiapkan perlengkapan untuk membersihkan kamar tamu, langkah selanjutnya adalah pemeriksaan awal atau biasa disebut first checking. Tujuan first checking adalah memeriksa keadaan status kamar, yang dicocokkan dengan print out dari komputer. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh floor supervisor atau room boy dan room maid pada morning shift. Selain itu, tujuan first checking adalah memeriksa cucian tamu (guest laundry). Tahapan-tahapan dalam melakukan first checking, yaitu sebagai berikut.
a. Selalu memeriksa status kamar dan pastikan tidak ada don't disturb sign yang terpasang di gagang pintu.
b. Selalu mengetuk pintu atau membunyikan bel sebanyak tiga kali meskipun kamar tersebut vacant (kosong) atau masih dihuni oleh tamu dalam kamar. Setelah itu, dilanjutkan dengan mengucapkan "Housekeeping".
C. Jika tamu telah membukakan pintu kamar, perkenalkan diri dan departemen asal, kemudian beri alasan kepada tamu sebelum melakukan pembersihan kamar.
d. Setelah selesai melaksanakan pekerjaan, lakukan pencatatan hasil kerja pada room attendant control sheet, kemudian serahkan pada floor supervisor di akhir shift.
Itulah materi mengenai prosedur pembersihan kamar tamu hotel, semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment