Prioritas Utama Pembersihan Kamar Tamu
Dalam membersihkan kamar tamu, ada beberapa kamar yang harus diprioritaskan dalam penataan dan pembersihannya berdasarkan status kamar. Room attendant akan memeriksa status kamar pada room status report sehingga kamar tersebut dapat diprioritaskan dalam pembersihannya. Jenis-jenis status kamar pada room status report, yaitu sebagai berikut.
1. Direct Order (Permintaan Langsung dari Tamu untuk
Membersihkan Kamar) Direct order merupakan status kamar ketika tamu hotel meminta langsung kepada room attendant agar kamar yang ditempatinya dibersihkan. Tamu hotel akan menelepon housekeeping department untuk menyampaikan kepada room boy atau room maid agar membersihkan kamarnya atau meminta langsung kepada room attendant yang sedang berkeliling koridor.
2. EA (Expected Arrival) dan VIP (Very Important Person)
EA (Expected Arrival) adalah status kamar yang tamu pemesannya dapat dipastikan datang di hari pemesanan, sedangkan VIP (Very Important Person) merupakan status kamar yang dipesan oleh tamu-tamu penting. Kedua status kamar tersebut biasanya membutuhkan pelayanan yang lebih sehingga kebersihan, kelengkapan, dan perawatannya harus selalu diprioritaskan.
3. Please Make up Room
Kamar "please make up room" adalah kamar yang harus segera dibersihkan. Tanda "please make up room" terpasang di gagang pintu sehingga room attendant dapat melihat tanda tersebut dan segera melakukan prosedur pembersihan.
4. DOC (Occupied)
Occupied (OC) adalah status kamar yang masih terisi oleh tamu. Seorang room attendant akan meminta izin terlebih dahulu pada tamu dengan status OC untuk melakukan penjadwalan pembersihan kamar.
5. Check Out Kamar dengan status check out adalah kamar yang melalui prosedur pembersihan paling akhir, kecuali terdapat pemberitahuan oleh pihak front office jika kamar tersebut siap untuk dijual kembali.
Itulah materi mengenai prioritas pembersihan kamar tamu hotel, semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment