Turn Down Service di Hotel
Berikut ini adalah beberapa materi mengenai Tuan Down Service, yang tentunya sangat bermanfaat bagi Houskeeper sebagai dasar awal pelayanan. Silahkan disimak.
Sebelum room attendant melaksanakan pekerjaannya, mereka harus mengetahui daftar kamar yang perlu dibersihkan melalui bagian Front Office. Selain daftar kamar, para room attendant juga harus mengikuti briefing pagi untuk mengetahui jenis pekerjaan yang akan dilakukan pada hari tersebut serta mempersiapkan peralatan dan bahan pembersih yang dibutuhkan untuk membersihkan kamar tamu.
1. Pengertian Turn Down Service
Dalam dunia perhotelan, terdapat berbagai jenis istilah yang digunakan untuk kegiatan pelayanan di hotel. Istilah-istilah tersebut harus diketahui oleh para karyawan hotel, khususnya bagian housekeeping. Salah satu istilah tersebut adalah turn down service.
Turn down service merupakan kegiatan pembersihan dan penataan kamar tamu yang berstatus occupied (ditempati oleh tamu) di malam hari oleh room attendant yang bekerja pada evening shift, biasanya kurang lebih pukul 18.00 hingga pukul 20.00. Pada beberapa hotel, turn down service disebut dengan istilah open bed. Kegiatan ini dilakukan pada jam tersebut karena biasanya tamu meninggalkan kamarnya untuk makan malam.
Pada dasarnya, turn down service sama seperti saat room attendant membersihkan kamar tamu yang telah check out. Hal yang membedakannya adalah status kamar yang dibersihkan adalah occupied (masih ditempati) sehingga pelayanan ini harus disetujui oleh tamu tersebut. Waktu yang diperlukan untuk pelayanan turn down service adalah lima menit untuk setiap kamarnya.
2. Prosedur Pelayanan Turn Down Service di Hotel
Tujuan pelayanan turn down service adalah menjaga kerapian, kebersihan, dan kelengkapan kamar tamu sehingga tamu merasa nyaman selama menempati kamar tersebut. Pelayanan ini sering diterapkan pada hotel berbintang lima dan dilakukan oleh room attendant yang sudah ahli dalam melakukannya. Sebelum room attendant melaksanakan pekerjaannya, ia harus memahami prosedur yang harus dilakukan selama pelayanan turn down Service. Prosedur pelayanan turn down service antara lain sebagai berikut.
a. Ketuk pintu kamar tamu sebanyak tiga kali dengan mengucapkan departemen asal. Contoh: "Excuse me, housekeeping".
b. Jika tamu membukakan pintu kamar, ucapkan salam dan jelaskan kepadanya maksud kehadiran Anda. Contoh: " Good evening. Excuse me, Ma'am/Sir, this is housekeeping. Is it fine if we do a turn down service in your room?"
C. Jika tidak ada jawaban dari dalam kamar tamu, buka pintu kamar tamu secara perlahan dan tetap ucapkan departemen asal saat memasuki kamar.
d. Nyalakan lampu kamar yang dekat dengan pintu masuk.
e. Selanjutnya, tutup night curtain.
f. Rapikan tempat tidur tamu, lakukan penggantian bedsheet bila diperlukan (jika terdapat noda pada bedsheet).
g. Ganti ashtray (asbak) dan gelas minum yang sudah digunakan tamu dengan ashtray dan gelas minum yang baru.
h. Rapikan night table dan buang sampah yang terdapat pada rubbish bin.
i. Lengkapi guest supplies yang terletak di atas night table seperti notepad dan pensil.
j. Periksa lantai kamar tamu. Jika terdapat sampah atau noda bekas air, segera bersihkan.
k. Bersihkan kamar mandi tamu.
l. Ganti towel, bath mat, dan face towel yang sudah digunakan tamu dengan yang baru.
m. Lengkapi guest amenities pada kamar mandi tamu, seperti sabun, sampo, dental kit, shower cap, dan cotton bud.
n. Setelah selesai merapikan kamar tamu (tempat tidur dan kamar mandi), letakkan complimentary di atas night table, seperti cokelat, permen, setangkai bunga, dan good night card.
O. Periksa kembali kebersihan dan kelengkapan kamar tamu sebelum meninggalkannya. Pastikan bahan pembersih yang telah digunakan sudah diletakkan pada carry caddy dan disimpan di room attendant trolley,
p. Matikan lampu kamar tamu dan tutup pintu secara perlahan.
q. Lakukan pencatatan pada room attendant control sheet setiap selesai melakukan turn down service.
3. Prosedur Pembersihan Tempat Tidur Tamu Hotel
Salah satu kegiatan utama yang dilakukan room attendant saat melakukan turn down service adalah membersihkan tempat tidur tamu. Pada tahap ini, room attendant harus melakukan pembersihan secara cepat dan tepat sehingga tidak meninggalkan kesalahan yang menimbulkan complain dari tamu. Prosedur pembersihan tempat tidur tamu hotel, yaitu sebagai berikut.
a. Buka bedcover pada tempat tidur tamu dan lipat menjadi tiga lipatan, dimulai dari bagian atas ke bawah bedcover dan sebaliknya. Untuk mendapatkan lipatan yang baik, bedcover dilipat sekali lagi dan disimpan di rak lemari paling atas. Penyimpanan dan pelipatan yang baik akan mempermudah pemasangan di kemudian hari.
b. Pastikan saat membuka bedcover tidak terdapat barang tamu di atasnya. Jika terdapat barang tamu, cukup rapikan bedcover tersebut.
C. Bukalah selimut (blanket) dan seprai (sheet), lalu tarik ke arah kaki membentuk segitiga agar tampak bersegi.
d. Jika kamar tersebut berisi dua orang tamu, posisi lipatan harus saling berhadapan atau menghadap bedside table.
e. Ganti bedsheet yang sudah digunakan tamu dengan yang baru jika terdapat noda pada bedsheet tersebut.
f. Ganti sarung bantal (pillowcase) yang sudah digunakan tamu dengan yang baru.
g. Jika terdapat pakaian tamu yang berserakan di lantai 3tau di atas kursi, rapikan pakaian tersebut dan letakkan di dalam lemari menggunakan hanger. Room attendant tidak diperbolehkan mengecek saku baju atau celana saat merapikan pakaian tamu.
h. Letakkan complimentary di atas tempat tidur tamu, seperti : good night card dan setangkai bunga.
i. Pastikan tempat tidur sudah rapi dan bersih sebelum melanjutkan pekerjaan yang lain.
4. Hal-hal yang Harus Diperhatikan saat Melakukan Turn Down Service di Hotel
Pelayanan turn down service merupakan pelayanan yang harus dilakukan secara cepat dan tepat karena dilakukan pada malam hari sebelum tamu kembali ke kamar untuk beristirahat. Selama melakukan turn down service, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan oleh room attendant, yaitu sebagai berikut.
a. Nyalakan lampu seperlunya dan tutup night curtain saat turn down service dilakukan.
b. Buanglah sampah pada tempatnya dan kosongkan rubbish bin.
C. Ganti gelas minum yang telah digunakan dengan yang baru.
d. Rapikan pakaian tamu yang berada di atas bed dan letakkan di dalam lemari menggunakan hanger atau letakkan kembali di atas tempat tidur.
e. Jangan pindahkan berkas atau dokumen tamu, biarkan di tempatnya semula.
f. Ganti semua towel yang sudah dipakai tamu.
g. Lengkapi guest amenities di kamar mandi tamu dan guest Supplies di kamar tamu.
h. Catat jam masuk dan jam keluar dari kamar tamu beserta item yang diganti pada worksheet.
i. Matikan semua lampu apabila akan meninggalkan kamar tamu.
i. Pastikan bahwa kamar tamu telah tertutup dengan aman dan terkunci.
Itulah sedikit materi mengenai Turn Down Service di Hotel. Semoga Bermanfaat
No comments:
Post a Comment