Untuk memudahkan pengiriman cucian tamu ke kamar kamar, petugas valet biasanya mengelompokkan cucian tersebut berdasarkan lantai tempat tamu menginap. Pengantaran cucian itu dimulai dari lantai yang paling tinggi ke lantai dasar/yang paling rendah. Semua pakaian yang dicuci akan dikirim ke kamar tamu, disesuaikan dengan pelayanannya:
a. Reguler/same day service, akan diantarkan oleh valet ke kamar tamu setiap jam 19.00.
b. Express service, sudah harus dikirim ke kamar tamu dalam waktu 4 jam setelah diterima.
c. Pressing only, harus dikirimkan tidak lebih dari 1 jam service.
d. Jika cucian pakaian baru dikirim (pick up) lewat dari jam 10.00 pagi, pakaian bersih akan dikirimkan kembali keesokan harinya.
Setiap cucian yang sudah diserahkan kepada tamu _ harus
dilengkapi dengan tanda tangan tamu di Valet Pick Up dan Delivery Form, dan tamu diminta untuk memeriksa jumlah cuciannya. Jika tamu yang bersangkutan ternyata tidak berada di kamar, petugas valet diperkenankan untuk menandatangani form tersebut sebagal pertanggungjawaban ke atasan.
Langkah-langkah yang harus diperhatikan valet dalam proses pengiriman pakaian bersih ke kamar tamu adalah sebagai berikut:
a. Ketuk pintu atau bunyikan bel maximal 3x, dengan interval 5 detik.
b. Ucapkan salam dan jati diri jika tamunya ada dalam di kamar.
c. Letakkan pakain bersih sesuai dengan tempat yang diinginkan oleh tamu.
d. Apabila tamunya tidak ada di dalam kamar, petugas valet meletakkan Laundry Card di atas tempat tidur.
e. Jika tamu memasang Sign Privacy/Don''t Disturb, selipkan Guest Notice di bawah pintu kamar.
f. Mengisi dan melengkapi delivery record sebagai bukti pengantaran pakaian tamu.
g. Jika ada hal-hal yang janggal di dalam kamar, segera laporkan ke pimpinan.
No comments:
Post a Comment