Menganalisis Situasi Konflik di Tempat Kerja Sesuai Prosedur, Perusahaan ~ PECINTA IPA <meta content='PECINTA IPA' name='keywords'/>

PECINTA IPA

Memuat Segala Ilmu Pengetahuan


Wednesday, November 3, 2021

Menganalisis Situasi Konflik di Tempat Kerja Sesuai Prosedur, Perusahaan

Menganalisis Situasi Konflik di Tempat Kerja Sesuai Prosedur, Perusahaan 

Konflik di tempat kerja bisa memengaruhi performa pekerjaan yang sedang dilakukan. Jika kita mengalami perbedaan pendapat maupun hal lain yang menyebabkan ketidaknyamanan dalam pekerjaan, hendaklah segera mungkin menyelesaikan permasalahan tersebut agar tidak mengganggu pekerjaan. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi konflik di tempat kerja antara lain sebagai berikut. 

1. Menghadapi masalah 
Jangan biarkan masalah berlarut-larut sehingga akan mengganggu pekerjaan dan semakin sulit untuk diselesaikan. 

2. Berbicara dengan baik 
Ketika kita menghadapi rekan kerja yang bermasalah dengan kita, cobalah untuk melakukan pendekatan. Berbicaralah dengan sopan, tenang dan rasional. Tetap fokus pada situasi dan kenyataan yang ada dan hindari gosip maupun menyerang lawan bicara. 

3. Bersikap tenang 
Berhati-hatilah dengan bahasa tubuh, ekspresi wajah dan juga nada bicara yang digunakan. Kita sebaiknya tegas namun tidak menyerang orang yang bermasalah dengan kita. 

4. Tetap netral Kita sebaiknya mendengarkan pendapat orang lain dengan baik. Perhatikan apa yang disampaikan oleh mereka dan cobalah untuk mengerti posisinya. . 

5. Menghargai pendapat Setelah mendengar pendapat dari lawan bicara, maka berikan kesan bahwa kita tertarik dengan pembicaraan, kemudian sampaikan pemikiran-pemikiran kita senetral mungkin untuk menghindari konflik lebih lanjut. 

6. Mengajak berdamai Apabila kita sudah sama-sama menyampaikan pendapat, maka ajaklah untuk berdamai. Tetaplah bersikap fleksibel apabila rekan kerja kita menginginkan beberapa syarat tertentu. 

7. Meminta bantuan Apabila semua cara tersebut di atas tidak berhasil, maka mintalah bantuan kepada atasan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Sampaikan permasalahan apa adanya. Meskipun kita bisa mengatasi konflik di tempat kerja, akan tetapi ada baiknya jika kita menghindari masalah dengan rekan kerja dan selalu menjaga hubungan baik sehingga akan menciptakan suasana kerja yang menyenangkan. 

No comments:

Post a Comment