Transaksi Sebelum Check In Hingga Check Out
Transaksi dapat terjadi sebelum tamu datang ke hotel hingga jadwal keberangkatan tamu dari hotel. Transaksi yang terjadi sebelum check in biasanya terkait dengan reservasi hotel. Untuk lebih memahami transaksi yang terjadi, mari kita simak materi berikut:
a. Reservasihotel
Transaksi terkait reservasi hotel dapat dilakukan dengan advance deposit maupun pre payment. Hal tersebut sesuai dengan aturan hotel tempat menginap.
b. Regristrasi dan check in
Tamu yang telah datang di hotel akan diminta untuk mengisi formulir registrasi serta melakukan transaksi sejumlah uang sebagai deposit. Dalam pembayaran deposit dapat menggunakan uang tunai, credit card, surat jaminan, maupun yang lain sesuai dengan aturan hotel. Antara hotel yang satu dengan yang lain memiliki aturan dan cara yang berbeda-beda dalam melakukan deposit, namun hal yang sama adalah mengharuskan adanya deposit sebagai jaminan selama tamu menginap di hotel.
c. During stay
Transaksi selama tinggal di hotel di antaranya sebagai berikut.
1) Paid out
Paid out merupakan transaksi yang dikeluarkan oleh hotel akibat kebutuhan mendesak dari tamu. Bila memang terjadi paid out, petugas harus mendapatkan persetujuan dari atasan beserta besarnya uang yang harus dikeluarkan.
2) Rebate
Rebate merupakan pengurangan transaksi yang dilakukan oleh pihak hotel setelah tamu melakukan transaksi. Rebate dapat terjadi karena kesalahan dari petugas hotel. Pengurangan transaksi dapat terjadi karena paket promo yang diambil oleh tamu, sedangkan saat membayar petugas lupa memasukkan harga promo. Rebate dapat diposting dengan persetujuan dari
3) Correction
Correction merupakan pencocokan transaksi yang dilakukan oleh tamu hotel pada hari yang sama saat melakukan transaksi.
4) Transfer tagihan
Transfer tagihan merupakan pemindahan tagihan dari satu tamu ke tamu yang lain, dengan persetujuan kedua belah pihak. Dalam transaksi tagihan harus dijelaskan jenis transaksi yang dimaksud.
5) Miscellaneus charge
Misscellaneus charge merupakan transaksi yang berisikan daftar kerusakan barang yangdilakukan oleh tamu hotel.
d. Check out
Transaksi check out dilakukan oleh tamu. Pada saat transaksi ini, saldo harus menjadi nol. Adapun transaksi check out dapat berupa: .
1) cash payment,
2) city ledger, dan
3) refund deposit.
No comments:
Post a Comment