Tata Cara dalam Menyambut Tamu
Penyambutan tamu merupakan langkah awal dalam pelayanan di hotel. Saat tamu tiba di hotel maka dapat dilakukan penyambutan dengan cara sebagai berikut.
a. Greeting
Greeting atau salam merupakan hal yang mendasar bagi seorang petugas kepada tamu yang akan menginap. Greeting atau salam harus dilakukan dengan sikap sopan dan bersahaja dari pihak hotel. Pastikan senyuman selalu terlukis di wajah para staf meja depan.
b. Lakukan perkenalan singkat
Lakukan perkenalan singkat pada tamu terkait nama petugas serta bagian kerja petugas. Perhatikan contoh — perkenalan berikut! :
"Perkenalkan nama saya Maryam dari front office department dan di sebelah saya adalah Ghany yang akan membantu Anda membawakan barang ke kamar Anda."
Saat melakukan perkenalan tetap tunjukkan rasa menghormati tamu dan jaga etika selama proses perkenalan.
c. Bawa barang bawaan tamu
Barang bawaan tamu akan diletakkan pada sebuah troli dan dibawa oleh porter menuju kamar yang telah disiapkan.
d. Mengantar tamu ke lobby
Setelah melakukan serangkaian penyambutan, maka langkah selanjutnya tamu akan diantarkan ke lobby untuk melanjutkan proses regristrasi pada bagian Front office.
e. Registrasi pada bagian front office
Registrasi dapat dilakukan pada bagian front office. Petugas front office akan melakukan pengecekan apakah tamu tersebut telah melakukan reservasi sebelumnya ataukah belum.
No comments:
Post a Comment