Penyimpanan peralatan hotel (Storing) ~ PECINTA IPA <meta content='PECINTA IPA' name='keywords'/>

PECINTA IPA

Memuat Segala Ilmu Pengetahuan


Sunday, December 5, 2021

Penyimpanan peralatan hotel (Storing)

Penyimpanan peralatan hotel (Storing)

Penyimpanan peralatan hotel perlu dilakukan dengan baik sehingga peralatan tersebut dapat digunakan. Tindakan kontrol yang baik adalah pada saat pengambilan, pemakaian, dan sebelum penyimpanan. Setelah membersihkan seluruh kamar sesuai dengan section masing-masing, langkah selanjutnya adalah melakukan penyimpanan terhadap seluruh peralatan ataupun perlengkapan yang telah dibawa. 

Hal-hal yang harus dilakukan saat melakukan proses penyimpanan, yaitu sebagai berikut. 
1. Dorong trolley menuju ke room attendant station untuk mengembalikan peralatan yang masih tertinggal, misalnya vacuum cleaner atau perlengkapan lainnya. 
2. Keluarkan guest supplies, mini bar snack atau soft drink, dan linen bersih yang tersisa di room attendat trolley, kemudian tata dengan rapi pada lemari atau rak yang tersedia di pantry atau gudang. 
3. Bersihkan seluruh peralatan dan bahan pembersih (chemical), lalu tempatkan pada tempatnya dalam keadaan tertata rapi, seperti dust bag pada vacuum cleaner yang dibersihkan menggunakan sikat lembut, kabel vacuum cleaner digulung pada container, mop dicuci dan ditempatkan dengan kondisi terbalik, dust cloth dikumpulkan untuk dibawa ke laundry, broom dibersihkan bulu-bulunya yang kemudian digantung atau diletakkan pada posisi bulu terbalik, memeriksa bahan pembersih dari kebocoran, dan membersihkan kemasan bahan pembersih yang kemudian disimpan pada tempatnya. 
4. Keluarkan linen kotor yang berada dalam linen humper, lalu dihitung satu per satu dan kelompokkan pada masingmasing jenis linennya, selanjutnya linen tersebut dikemas untuk dikirim ke laundry 
5. Buka garbage humper yang ada pada trolley, lalu keluarkan dan buang sampah tersebut ke penampungan sesuai dengan jenisnya. 
6. Bersihkan seluruh permukaan trolley menggunakan dust cloth dengan metode dusting atau damp dusting. 
7. Bersihkan linen humper ataupun garbage humper, lalu tempatkan kembali pada trolley Periksa juga roda pada room attendant trolley secara berkala dan berikan pelumas sehingga roda bisa dipakai saat menjalankan tugasnya.
8. Tempatkan trolley pada tempat yang telah ditentukan di gudang atau pantry dengan rapi. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengontrol penyimpanan peralatan dan bahan pembersih, yaitu sebagai berikut. 

1. Penyimpanan sapu dan sikat (broom and brush), yaitu sebagai berikut. 
a. Sikat kotoran yang melekat pada sikat dan sapu yang telah dipakai untuk membersihkan kamar tamu. 
b. Gantungkan sikat dan sapu pada tempatnya dalam keadaan kering. 
c. Jika ada sikat yang tidak bisa digantung, tengadahkan sikat pada tempatnya. 

2. Penyimpanan alat penampung (container), yaitu sebagai berikut. 
a. Alat penampung dibersihkan menggunakan air dan sabun, lalu keringkan menggunakan kanebo. 
b. Tumpuk kontainer sesuai dengan ukuran agar menghemat tempat. 

3. Penyimpanan linen, yaitu sebagai berikut. 
a. Simpan linen dalam keadaan bersih dan kering. 
b. Lipat linen secara rapi dan teratur. 
c. Kelompokkan linen menurut jenisnya. 

4. Penyimpanan alat pelindung, yaitu sebagai berikut. 
a. Setelah menggunakan alat pelindung, simpan alat pelindung dengan keadaan bersih dan kering. 
b. Susun peralatan pelindung dengan rapi sehingga dapat menghemat ruangan. 

5. Penyimpanan alat-alat mekanik (vacuum cleaner), yaitu sebagai berikut. 
a. Bersihkan seluruh bagian vacuum cleaner, termasuk bagian dust bag dan kabelnya. 
b. Rapikan kabel vacuum cleaner dengan cara dililitkan. 
c. Periksa seluruh komponen vacuum cleaner. 
d. Periksa vacuum cleaner secara berkala atau periodik. Jika terjadi kerusakan, segera laporkan kepada supervisor room attendant untuk ditindaklanjuti oleh engineering department. 
6. Penyimpanan bahan pembersih (chemicah, yaitu sebagai berikut. 
a. Kelompokkan bahan pembersih berdasarkan jenisnya dan tempatkan pada tempat yang ditentukan. 
b. Tutup bahan pembersih dengan ketat dan rapi bahan pembersih agar tidak tumpah. 
c. Beri nama dan keterangan merek bahan pembersih di wadahnya agar lebih mudah mengingat pada saat membersihkan kamar. 

Itulah materi mengenai penyimpanan peralatan hotel, semoga bermanfaat. 


No comments:

Post a Comment