Ruang Lingkup Seksi Area Umum (Public Area) ~ WEB PECINTA IPA <meta content='WEB PECINTA IPA' name='keywords'/>

WEB PECINTA IPA

Memuat Segala Ilmu Pengetahuan


Tuesday, November 30, 2021

Ruang Lingkup Seksi Area Umum (Public Area)

Ruang Lingkup Seksi Area Umum (Public Area) 

Public area atau area umum dalam suatu hotel dalam sebuah hotel harus selalu dijaga kebersihan dan kerapiannya karena tempat tersebut adalah tempat yang sering dikunjungi para tamu hotel. 

Public area section adalah salah satu bagian dari housekeeping department yang bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan, dan kerapian seluruh area hotel. Karyawan yang bertugas pada bagian public area ini adalah houseman dan housemaid. Secara garis besar, houseman merupakan karyawan pria yang bekerja di public area, sedangkan housemaid adalah karyawan wanita yang bekerja di public area. Ada dua bagian yang termasuk dalam public area di sebuah hotel, yaitu bagian dalam hotel dan bagian luar hotel. 

1. Bagian Dalam Hotel 
a. Restoran 
Restoran yang terdapat di sebuah hotel umumnya menjual berbagai macam makanan dan minuman sesuai dengan spesialisasi penyajiannya. Jumlah restoran tergantung pada besar kecilnya hotel atau jumlah kamar. Umumnya, houseman atau housemaid yang bertugas dalam membersihkan area restoran datang seusai waktu breakfast, lunch, dan dinner. 

b. Bar 
Bar adalah salah satu bagian restoran di sebuah hotel yang menyediakan berbagai jenis minuman alkohol dan nonalkohol. Biasanya, orang yang membuat minuman disebut bartender. Selain bertugas membuat minuman, seorang bartender harus selalu menjaga bar agar tetap bersih. Hal ini juga dibantu oleh seorang houseman yang bertugas di area restoran. 

c. Meeting room 
Meeting room adalah salah satu bagian dari function room sebuah hotel dengan ukuran ruangan yang kecil dan digunakan untuk mengadakan event resmi, seperti meeting, workshop, pertemuan, dan seminar. Seorang houseman yang bertugas di area function room bertanggung jawab dalam hal kebersihan dan keamanan function room. 

d. Ballroom 
Ballroom adalah salah satu bagian dari function room dengan ukuran ruangan yang besar dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan tamu. 

e. Lobby 
Lobby adalah ruang utama dekat pintu masuk bangunan tertentu, seperti hotel, bioskop, dan gedung perkantoran. Lobby biasanya dilengkapi dengan berbagai perangkat meja dan kursi. Houseman yang bertugas di area lobby selalu menjaga kebersihan lobby karena area tersebut merupakan area yang sering dilewati oleh tamu. 

f. Toilet 
Toilet merupakan fasilitas umum yang dapat digunakan para tamu. Kelengkapan perlengkapan di toilet, seperti sabun pencuci tangan, tissue, dan hand dryer, harus diperhatikan oleh housemaid yang bertugas sehingga para tamu dapat menggunakan toilet dengan nyaman. 

g. Fitness centre 
Fitness centre merupakan ruangan yang digunakan untuk melatih kebugaran dengan atau tanpa alat bantu. Fitness centre dibersihkan pada saat malam hari agar tidak mengganggu aktivitas tamu. 

h. Salon dan spa 
Salon dan spa adalah salah satu fasilitas di hotel yang menyediakan pelayanan dan perawatan kecantikan. Salon dan spa dilengkapi dengan beberapa ruangan yang beda fungsi, seperti kamar ganti, ruang mandi, meja penerima tamu, dan bath tub. Spa room biasanya dibersihkan saat malam hari. 

i. Koridor 
Koridor merupakan jalan penghubung antarruangan ataupun antar-kamar hotel yang dapat dilalui para tamu dan staff hotel. 

j. Kantor (office) 
Dalam sebuah hotel, terdapat ruangan yang digunakan para staff hotel untuk mengurus administrasi hotel, yaitu office. Umumnya, houseman atau housemaid yang bertugas membersihkan office datang pada saat sore hari atau saat evening shift. 

k. Ruang karyawan (employee area) 
Employee area adalah area yang digunakan oleh karyawan untuk beristirahat. Employee area terdiri dari locker room dan employee dining room (EDR). Locker room merupakan tempat untuk meletakkan barang bawaan karyawan. Locker room juga umumnya dilengkapi dengan kamar mandi. Employee dining room (EDR) adalah ruang makan khusus untuk karyawan hotel. Menu makanan yang dikonsumsi para karyawan hotel di EDR sudah diatur oleh executive chef setiap harinya. 

2. Bagian Luar Hotel 
a. Tempat parkir (parking area) 
Tempat parkir merupakan area yang digunakan untuk memarkirkan kendaraan tamu dan karyawan hotel. Tempat parkir biasanya dibangun di area yang cukup luas dan besar sehingga dapat menampung banyak kendaraan. Selain itu, tempat parkir berukuran luas dan besar akan memudahkan proses keluar masuknya kendaraan. Tempat parkir juga harus selalu terjaga kebersihannya. 

b. Kolam renang (swimming pool) 
Kolam renang merupakan fasilitas yang disediakan oleh hotel untuk tamu yang ingin berenang. Kolam renang hotel biasanya dilengkapi dengan fasilitas dan peralatan lainnya, mulai dari bangku dan kursi santai, meja, kamar mandi, handuk hingga perlengkapan berenang. 

c. Kids area 
Kids area merupakan tempat yang disediakan hotel bagi tamu yang membawa anak-anak. Pada kids area tersedia berbagai macam wahana bermain, seperti ayunan dan perosotan. Dengan demikian, anak-anak bisa bermain dan bersosialisasi. 

Dalam melaksanakan tugasnya, seorang houseman atau housemaid harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut. 

1. Penampilan yang baik 
Penampilan merupakan hal penting bagi seorang houseman atau housemaids. Dalam mengerjakan tugasnya, mereka harus berpenampilan bersih dan rapi, baik dalam berpakaian maupun penampilan diri. Menjaga kebersihan diri dapat memberikan citra yang baik terhadap tamu. Contoh etika berpenampilan bagi houseman dan housemaid, di antaranya memakai pakaian yang bersih dan rapi, tidak memakai perhiasan berlebihan, panjang rambut houseman tidak melebihi leher atau rambut harus pendek. Khusus untuk housemaid, gunakan hairnet dan make up yang natural. 
2. Sikap yang baik 
Houseman atau housemaid harus memiliki sikap yang baik dalam mendukung kualitas kerja. Dua hal yang termasuk dalam sikap yang harus dimiliki oleh setiap houseman dan housemaid, yaitu sikap kerja dan sikap mental. Sikap kerja meliputi tepat waktu, memiliki tanggung jawab pada pekerjaan, menjalankan tugas dengan baik sesuai Prosedur Operasi Standar (POS) hotel, memiliki loyalitas, bekerja secara cepat dan tanggap. 
Sikap mental meliputi dapat dipercaya, memiliki motivasi (self motivation), murah senyum, sopan, ramah, dan selalu memberi salam, seperti "Good morning" kepada para tamu sehingga tamu merasa diperhatikan. 
3. Memiliki pengetahuan yang memadai
Houseman atau housemaid harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai product knowledge hotel dan fasilitas-fasilitas yang terdapat di hotel. Contohnya, ketika tamu menanyakan letak restoran, seorang houseman harus mengetahui dan menunjukkan arah menuju restoran secara tepat. 
4. Memiliki keterampilan dalam bekerja 
Houseman atau housemaid harus terampil dalam bekerja dan mampu berkomunikasi dengan sesama karyawan hotel ataupun tamu. Hal ini bertujuan menjaga sikap profesional seorang housekeeper di lingkungan hotel. 


No comments:

Post a Comment