Pembagian Tugas dan Tanggung Jawab Seksi Area Umum ( Public Area) ~ PECINTA IPA <meta content='PECINTA IPA' name='keywords'/>

PECINTA IPA

Memuat Segala Ilmu Pengetahuan


Tuesday, November 30, 2021

Pembagian Tugas dan Tanggung Jawab Seksi Area Umum ( Public Area)

Pembagian Tugas dan Tanggung Jawab Seksi Area Umum ( Public Area)

A. Tugas dan Tanggung Jawab Seksi Area Umum (Public Area)


Untuk memperlancar tugas dan tanggung jawab setiap seksi di public area, penjabaran deskripsi tugas pokok serta tanggung jawab untuk seksi public area mulai dari public area supervisor, public area attendant hingga (houseman atau housemaid) sangat diperlukan. Hal ini bertujuan agar kegiatan di public area dapat berjalan dengan efektif. 

1. Public Area Supervisor 
Public area supervisor adalah petugas yang bertanggung . jawab terhadap kebersihan, kerapian, dan pemeliharaan public area, seperti /obby, F&B outlet, meeting room, office, parking area, swimming pool, dan toilet. Tugas pokok seorang public area supervisor yaitu sebagai berikut. 
a. Bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kenyamanan public area. 
b. Memeriksa secara teliti setiap ruangan yang dibersihkan seperti bar, restoran, toilet, dan kolam renang. 
c. Melaporkan apabila ada kerusakan pada alat dan mesin housekeeping kepada engineering department. 
d. Bertanggung jawab apabila salah satu houseman atau housemaid melakukan kesalahan. 
e. Melengkapi laporan dalam public area supervisor log book setiap hari. 
f. Bertanggung jawab mengawasi pelaksanaan program pemeliharaan atau pembersihan secara berkala, seperti kristalisasi, pencucian lantai atau karpet, pencucian kaca jendela, dan general cleaning. 
g. Melakukan handling over dengan shift sebelumnya saat mulai bekerja dan handling over dengan shift berikutnya setelah selesai bekerja. 
h. Bertanggung jawab terhadap biaya (cost) dan penggunaan barang public area, seperti cleaning agent supplies, dan eguipment. 
i. Bertanggung jawab dalam menerapkan prosedur yang sudah ada, seperti keamanan dalam menjalankan tugas dan menjamin kebersihan ruangan yang diawasi. 
j. Mengecek kembali kelengkapan dan kebersihan alat-alat di public area dan memastikan janitor dalam keadaan bersih. 

2. Public Area Attendant 
Public area attendant adalah petugas yang menjalankan pekerjaan yang sudah ditetapkan oleh public area supervisor. Public area attendant terdiri atas houseman atau housemaid. Tugas pokok seorang public area attendant, yaitu sebagai berikut. 
a. Membersihkan dan merawat seluruh area yang menjadi tanggung jawabnya 
b. Membersihkan furniture, lantai, karpet, kaca-kaca, pintu dan bingkainya, ashtray di setiap meja dan standing ashtray serta ruangan-ruangan di hotel, seperti restoran, lobby, toilet, dan bar. 
c. Memelihara setiap perlengkapan atau peralatan kerja. 
d. Membuang sampah yang ada di lantai ataupun di area parkir. 
e. Melaporkan kerusakan dan kehilangan inventaris kepada public area supervisor 
f. Melaksanakan general cleaning yang diperintahkan oleh public area supervisor. 
g. Melengkapi perlengkapan yang ada di ruangan, seperti mengganti plastik sampah, meletakkan tisu di toilet, dan mengganti parfum ruangan jika sudah setengah atau seperempat habis. 
h. Merapikan dan membersihkan alat-alat yang sudah digunakan. 
i. Menjaga kondisi meeting room, ballroom, dan banguet room dalam keadaan bersih dan rapi, baik saat tidak digunakan, saat digunakan, maupun selesai digunakan. 
j. Memeriksa kerapian, kebersihan, dan kelengkapan keperluan public area section, seperti troli (trolley), cleaning supplies, cleaning agent, dan cleaning eguipment. 
k. Mendahulukan kebersihan ruang yang akan digunakan terlebih dahulu, seperti office dan toilet. 

B. Pembagian Tugas Seksi Area Umum (Public Area)


Tugas pelayanan kebersihan dan perawatan di area umum (public area) dilakukan oleh public area attendant, yaitu houseman atau housemaid. Tugas tersebut terbagi menjadi tiga shift, yaitu morning shift, afternoon shift, dan night shift. Tugas yang harus dikerjakan oleh public area attendant berdasarkan kelompok shift, yaitu sebagai berikut. 

1. Kelompok Kerja Pagi (Morning Shift) 
Kelompok kerja pagi dimulai pada pukul 08.00-16.00. Hal ini karena tugas seorang public area attendant lebih banyak pada pagi hari. Tugas houseman atau housemaid pada pagi hari, yaitu sebagai berikut. 
a. Dusting, yaitu metode pembersihan permukaan benda dengan cara mengelap menggunakan kain khusus yang kering sehingga debu terangkat. 
b. Glass wiping, yaitu metode pembersihan kaca dari debu atau noda dengan menggunakan glass wiper sehingga kaca pada permukaannya terlihat bersih. 
c. Moping, yaitu teknik membersihkan lantai dari debu atau kotoran dengan menggunakan mop. 
d. Vacuuming, yaitu metode pembersihan dengan cara menyedot debu pada karpet atau lantai dan peralatan lainnya menggunakan vacuum cleaner. 
e. Mengangkat sampah dari trash bin. 
f. Membersihkan guest toilet dan employee toilet. 

2. Kelompok Kerja Sore (Evening Shift) 
Kelompok kerja sore dimulai pada pukul 16.00-24.00. Tugas yang dilakukan oleh kelompok kerja sore adalah melanjutkan pekerjaan yang telah dilakukan oleh kelompok kerja pagi. Tugas dan tanggung jawab seorang public area attendant pada kelompok kerja sore, yaitu sebagai berikut. 
a. Menjaga dan melanjutkan tugas rutin pada kelompok kerja pagi. 
b. Membersihkan dan merapikan seluruh kantor manajemen setelah jam kerja berakhir. 
c. Mengontrol kebersihan lobi, asbak, dan tempat sampah. 

3. Kelompok Kerja Malam (Night Shift) 
Kelompok kerja malam dimulai pada pukul 24.00-08.00. Tugas yang dilakukan public area attendant pada malam hari adalah melakukan general cleaning. Kegiatan yang termasuk dalam general cleaning, yaitu sebagai berikut. 
a. Mencuci karpet di lobi, restoran, dan bar. 
b. Membersihkan tangga, koridor hotel, dan dinding lobi. 
c. Membersihkan ruang rapat dan ballroom setelah pesta atau rapat selesai. 
d. Membersihkan loker karyawan. 
e. Membersihkan elevator atau lift tamu. 



No comments:

Post a Comment