Kendala dalam Pariwisata & Pemanfaatan Peluang
A. Kendala dalam Bisnis Pariwisata di Indonesia
Meski berkembang cukup pesat, terdapat beberapa masalah pariwisata yang masih menjadi kendala di Indonesia. Sarana, prasarana, dan teknologi informasi merupakan beberapa di antaranya. Setidaknya ada tujuh masalah yang menjadi kendala bagi bisnis pariwisata di Indonesia, yaitu.
a. sarana dan prasarana:
b. SDM (sumber daya manusia):
c. komunikasi dan publisitas:
d. kebijakan dan peraturan yang berlaku dalam lingkup negara dan daerah,
e teknologi informasi yang memungkinkan turis mengakses banyak info soal wisata Indonesia:
f. kesiapan masyarakat:
g. dan investasi yang belum banyak berkembang di daerah.
Untuk meminimalisasi hal tersebut dibutuhkan tenaga profesional yang merupakan bagian dari masyarakat dan pemerintah untuk mendorong terus berkembangnya objek wisata dalam suatu daerah yang ada di Indonesia.
B. Pemanfaatan Peluang Usaha secara Kreatif dan Inovatif
Kreativitas dalam bidang produk barang/jasa berarti mampu membuat suatu karya baru yang tepat guna dan diterima masyarakat pada waktu tertentu. Produk yang diciptakan sebaiknya memenuhi kriteria sebagai berikut.
a. Useful Produk barang/jasa yang dibuat tersebut mampu dipakai dan digunakan serta dapat menumbuhkan estetika atau keindahan.
b. Understandable Produk barang/jasa yang dibuat sebaiknya dapat dimengerti, maksudnya berupa hasil kerja dibuat dalam waktu yang sama, proses yang sama, dan bukan merupakan kebetulan suatu proses.
c Inovatif Suatu produk barang/jasa yang dibuat hendaknya berupa karya bernilai inovatif yang berarti produk sudah ada dibuat lebih menarik daripada sebelumnya.
No comments:
Post a Comment