Soal Menerapkan Cara Bekerja dalam TIM
A. Pilihlah jawaban yang paling benar!
1. Dalam bekerja secara tim kerja atau teamwork, tujuan kerja perlu dirumuskan dan disepakati oleh seluruh anggota tim. Untuk itu diperlukan ....
a. menggantikan pekerjaan teman yang berhalangan
b. ketergantungan antar anggota
c. tanggung jawab dibebankan kepada pimpinan tim
d. saling menghargai dan saling menghormati sesama tim
e. selalu menutupi kesalahan teman kerja
2. Mengapa harus bekerja dalam satu tim?
a. karena manusia adalah makhluk sosial
b. karena hanya manusia yang memiliki akal
c. karena syarat terlaksananya suatu pekerjaan
d. karena harus melakukan semua hal bersama-sama
e. karena manusia mempunyai kesempurnaan
3. Berikut ini yang merupakan prinsip bekerja dalam satu tim adalah ....
a. saling menghargai
b. perencanaan
c. pengontrolan
d. bersikap tertutup
e. memanfaatkan potensi
4. Ciri-ciri atau karakterikstik yang nampak dari tahap storming dalam tahap pembentukan tim, antara lain ....
a. menjaga rahasia tim
b. taat terhadap aturan yang telah ditetapkan
c. bersikap loyal kepada tim
d. bertanggung jawab penuh terhadap semua kegiatan yang dilakukan oleh tim
e. berorientasi pada pemecahan masalah.
5. Ciri-ciri atau karakterikstik yang nampak dari tahap norming dalam tahap pembentukan tim, antara lain ....
a. adanya hubungan yang dekat antar anggota kelompok
b. taat terhadap aturan yang telah ditetapkan
c. mengunggulkan prestise masing-masing anggota kelompok
d. terjadi perbedaan persepsi antar anggota kelompok
e. timbul konflik antar individu dalam tim tersebut
6. Tahap pembentukan tim disebut ....
a. forming d. performing
b. storming e. adjourning
c. norming
4. Ciri-ciri atau karakterikstik yang nampak dari tahap storming dalam tahap pembentukan tim, antara lain ....
a. menjaga rahasia tim
b. taat terhadap aturan yang telah ditetapkan
c. bersikap loyal kepada tim
d. bertanggung jawab penuh terhadap semua kegiatan yang dilakukan oleh tim
e. berorientasi pada pemecahan masalah.
5. Ciri-ciri atau karakterikstik yang nampak dari tahap norming dalam tahap pembentukan tim, antara lain ....
a. adanya hubungan yang dekat antar anggota kelompok
b. taat terhadap aturan yang telah ditetapkan
c. mengunggulkan prestise masing-masing anggota kelompok
d. terjadi perbedaan persepsi antar anggota kelompok
e. timbul konflik antar individu dalam tim tersebut
6. Tahap pembentukan tim disebut ....
a. forming d. performing
b. storming e. adjourning
c. norming
7. Terbentuknya hubungan yang dekat antara anggota tim menunjukkan kohesivitas dan merasakan identitas kelompok yang kuat. Dalam tahap perkembangan tim, hal ini berada pada tahap ....
a. forming d. performing
b. storming e. adjourning
c. norming
8. Sikap yang termasuk prinsip bekerja dalam tim antara lain ....
a. bekerja sesuai masing-masing bagian
b. bersikap terbuka dan saling percaya
c. setiap anggota kelompok mengedepankan kepentingan individu
d. setiap anggota kelompok sudah menyadari posisinya di dalam tim
e. semua harus introspeksi diri
9. Tujuan bekerja dalam satu tim antara lain....
a. untuk pencitraan anggota kelompok
b. pekerjaan dilakukan oleh individu anggota tim
c. memanfaatkan diri
d. ada pembagian tugas, tanggung jawab dan wewenang yang jelas dan adil
e. kedekatan emosi antar aggota kelompok
10. Manfaat bekerja dalam satu tim adalah....
a. saling memanfaatkan keuntungan dari masing-masing anggota tim
b. meningkatkan hubungan interpersonal relation
c. memanfaatkan kemampuan finansial anggota
d. menimbulkan rasa ketergantungan kelompok
e. pencitraan anggota kelompok
11. Suatu tahapan pembentukan tim di mana dalam perkembanganya berprestasi adalah sudah bukan menjadi prioritas utama adalah tahapan perkembangan tim pada...
a. forming b. storming
c. norming d. performing
e. adjourning
12. Kriteria tim yang efektif yang mana anggota tim harus memiliki visi dan tujuan umum yang mampu memberikan arah serta komitmen anggota tim disebut ....
a. common sense
b. small size
c. complementary competencies
d. special goals
e. coomon approach
13. Kriteria tim yang efektif yang mana anggota tim mampu menterjemahkan visi dan tujuan umum ke dalam targettarget spesifik, terukur dan realistik disebut ....
a. common sense
b. small size
c. complementary competencies
d. special goals
e. common approach
14. Mutual accountability adalah ..,..
a. anggota tim memiliki kesepakatan akan pola serta pendekatan dalam mencapai sasaran
b. setiap anggota tim memiliki tanggung jawab secara individu) maupun kelompok
c. memiliki kompetensi dasar
d. tim mampu menterjemahkan visi dan tujuan umum ke dalam target-target spesifik, terukur dan realistik
e. tidak terlalu banyak memiliki jumlah anggota
15. Smalls Size dalam kriteria tim yang efektif mempunyai pengertian ....
a. anggota tim memiliki kesepakatan akan pola serta pendekatan dalam mencapai sasaran
b. setiap anggota tim memiliki tanggung jawab secara individu maupun kelompok
c. memiliki kompetensi dasar
d. tim mampu menterjemahkan visi dan tujuan umum ke dalam target-target spesifik, terukur dan realistik
e. tidak terlalu banyak memiliki jumlah anggota, jumlah idealnya maksimal 10 orang
No comments:
Post a Comment