Soal Evaluasi Materi Housekeeping Order Taker
A. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat dengan memberi tanda silang (X) pada jawaban a, b, c, d, atau e.
1. Petugas hotel yang menangani seluruh kebutuhan Housekeeping Department di hotel melalui media telepon adalah ....
a. room attendant d. valet
b. order taker e. houseman
c. beliboy
2. Salah satu syarat menjadi seorang order taker adalah berpengalaman di....
a. room attendant d. bellboy
b. accounting e. public area
c. reception
3. Petugas yang bertugas mencatat permintaan tamu adalah ....
a. order taker d. reception
b. room attendant e. telephone operator
c. bellboy
4. Berikut orang yang bertugas mengisi formulir peminjaman barang adalah . .. .
a. guest d. reception
b. room attendant e. telephone operator
c. order taker
5. Status kamar yang berisi dua orang tamu dewasa dengan tambahan extra bed untuk dewasa juga adalah ....
a. O1 d. 04
b. O2 e. 05
c. 03
6. Petugas yang bertugas mengisi housekeeping logbook adalah ....
a. guest. d. reception
b. room attendant e. order taker
c. beliboy
7. Formulir yang berisi laporan singkat mengenai barang yang dipinjam oleh tamu adalah
a. order taker logbook d. work order
b. lost and found form e. formulir peminjaman barang
c. formulir permintaan tamu
8. Sikap menggunakan seragam lengkap dan berpenampilan rapi merupakan jenis sikap
a. profesional d. fleksibel
b. courtesy e. empati
C. ramah
9. Contoh jenis perlengkapan yang dibutuhkan oleh housekeeping order taker adalah
a. computer, hotel information, dan switchboard telephoney
b. computer System, switchboard telephone, dan trolley
c. hotel information, computer system, dan trolley
d. hotel information, trolley, dan key control
e. trolley, hotel information, dan key control
10. Cermati urutan penanganan permintaan barang untuk tamu berikut.
(1) Identifikasi barang yang diterima tamu.
(2) Konfirmasi permintaan tamu.
(3) Ucapkan greeting dan tawarkan bantuan.
(4) Mengirim barang untuk tamu.
Urutan yang benar dalam menangani permintaan barang untuk tamu adalah .... a. (3), (1), (2), (4) d. (3), (2), (4), (1)
b. (3), (1), (4, (2) e. (3), (4), (1), (2)
c. (3), 2), (1), (4)
11. Tindakan yang dilakukan seorang order taker jika barang yang diminta tamu tidak tersedia adalah ....
a. menjelaskan bahwa barang tersebut tidak tersedia dan pergi
b menawarkan barang lain sebagai pengganti barang yang diinginkan
c biarkan saja karena memang barang tidak tersedia di hotel
d. memberi penjelasan agar tamu dapat mengerti dan menerima alasan
e. jangan dijawab karena banyak tamu lain yang harus dilayani
12. Jenis tempat tidur yang digunakan untuk bayi adalah ....
a. baby cot d. sofa bed
b. baby set e. bedsheet
c. extra bed
13. Kegiatan yang dilakukan seorang room attendant ketika menangani keluhan tamu mengenai kerusakan kamar adalah ....
a. minta maaf dan mengganti dengan barang yang lain
b. membiarkan barang tersebut dan meminta teman lain yang mengganti
c. memanggil engineering untuk memperbaiki kondisi tersebut
d . melaporkan kepada supervisor bahwa barang tersebut rusak
e mengabaikannya karena tugas itu bukan tanggung jawabnya
14. Kegiatan yang dilakukan order taker ketika tidak dapat memenuhi permintaan tamu mengenai pembersihan kamar dengan cepat adalah ....
a. menjelaskan bahwa room attendant semuanya sedang bertugas
b. membiarkan saja sampai petugas room attendant selesai bekerja
c. menawarkan bantuan lain sambil menunggu room attendant
d. memanggil room attendant yang bekerja di kamar lain
e. meminta menunggu sebentar dan memohon maaf atas keterlambatannya
15. Kegiatan yang dilakukan room attendant ketika mengetahui adanya kehilangan towel pada kamar mandi tamu adalah ....
a. melaporkan tamu kepada security
b. memberikan penjelasan bahwa towel harus diganti
c. membebankan ke tagihan tamu (denda)
d. melaporkan kepada supervisor untuk ditindaklanjuti
e. membiarkan saja karena bukan tanggung jawabnya.
No comments:
Post a Comment