Format Modul Ajar Terbaru 2024 New Update ~ PECINTA IPA <meta content='PECINTA IPA' name='keywords'/>

PECINTA IPA

Memuat Segala Ilmu Pengetahuan


Thursday, October 10, 2024

Format Modul Ajar Terbaru 2024 New Update

Format Modul Ajar Terbaru 2024 New Update

Pada tahun 2024, format modul ajar mengikuti pedoman Kurikulum Merdeka yang diterapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Indonesia. Kurikulum ini menekankan pada pengembangan profil Pelajar Pancasila, diferensiasi pembelajaran, serta pengajaran yang berpusat pada peserta didik.

Berikut adalah struktur modul ajar terbaru 2024 yang biasanya digunakan di sekolah:

1. Identitas Modul Ajar

  • Satuan Pendidikan: Nama sekolah
  • Mata Pelajaran: Nama mata pelajaran
  • Kelas/Semester: Kelas dan semester yang diajarkan
  • Alokasi Waktu: Jumlah jam yang diperlukan
  • Topik/ Tema: Judul atau tema materi yang akan dipelajari

2. Kompetensi Awal

  • Menjelaskan pengetahuan, keterampilan, dan sikap awal peserta didik terkait dengan materi yang akan diajarkan.

3. Profil Pelajar Pancasila

  • Menjelaskan dimensi-dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan dalam modul ajar, misalnya:
    • Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
    • Mandiri
    • Bergotong royong
    • Berkebhinekaan global
    • Bernalar kritis
    • Kreatif

4. Capaian Pembelajaran

  • Deskripsi mengenai kompetensi-kompetensi yang diharapkan dikuasai peserta didik pada akhir pembelajaran.

5. Tujuan Pembelajaran

  • Menyebutkan tujuan-tujuan spesifik yang ingin dicapai dalam pembelajaran. Tujuan ini harus bisa diukur dan relevan dengan capaian pembelajaran.

6. Pemahaman Bermakna

  • Intisari dari pembelajaran yang membuat peserta didik memahami relevansi materi yang diajarkan dengan kehidupan nyata atau konteks mereka.

7. Pertanyaan Pemantik

  • Pertanyaan-pertanyaan terbuka yang dirancang untuk membangkitkan rasa ingin tahu dan memulai diskusi di kelas.

8. Kegiatan Pembelajaran

  • Langkah-langkah pembelajaran yang rinci:
    • Pendahuluan: Memotivasi dan menyiapkan siswa untuk pembelajaran
    • Inti: Penyampaian materi utama, aktivitas belajar, diskusi, dan latihan soal
    • Penutup: Rangkuman pembelajaran, refleksi siswa, dan penugasan jika ada
  • Gunakan model pembelajaran aktif, seperti berbasis proyek atau inkuiri.

9. Asesmen

  • Asesmen Formatif: Penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran, seperti tes atau diskusi untuk mengevaluasi pemahaman.
  • Asesmen Sumatif: Penilaian yang dilakukan di akhir unit pembelajaran untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
  • Kriteria Penilaian: Rubrik atau indikator penilaian.

10. Materi Pembelajaran

  • Bahan Ajar: Penjelasan materi utama yang akan diajarkan, bisa dalam bentuk teks, video, atau sumber lainnya.
  • Lembar Kerja Siswa (LKS): Soal-soal latihan yang dapat digunakan oleh siswa untuk memperdalam pemahaman.
  • Sumber Belajar: Buku atau referensi lain yang digunakan untuk mendukung pembelajaran.

11. Refleksi Pembelajaran

  • Guru dan siswa melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Apakah tujuan pembelajaran sudah tercapai? Apa yang bisa ditingkatkan?

12. Lampiran

  • Bahan Evaluasi: Soal-soal evaluasi
  • Materi Tambahan: Bacaan atau sumber belajar tambahan
  • Instrumen Penilaian: Rubrik penilaian atau kisi-kisi evaluasi

Contoh Struktur Kegiatan Pembelajaran:

  • Pendahuluan (10-15 menit):
    • Apersepsi, tujuan, dan motivasi pembelajaran.
  • Kegiatan Inti (60-70 menit):
    • Penjelasan materi melalui metode diskusi, proyek, atau eksperimen.
  • Penutup (5-10 menit):
    • Refleksi dan penilaian formatif singkat.
Artikel di atas saya tulis berdasarkan pengetahuan tentang format modul ajar terbaru yang disesuaikan dengan pedoman Kurikulum Merdeka 2024. Namun, karena ini adalah hasil penyusunan sendiri, format dan struktur modul ajar yang saya jelaskan dapat memiliki kesamaan dengan sumber resmi seperti panduan dari Kemendikbudristek atau materi yang terkait dengan Kurikulum Merdeka, terutama jika sumber-sumber tersebut juga mengikuti kerangka kerja yang sama.

No comments:

Post a Comment