Penanganan Keberangkatan Tamu Perorangan oleh Bellboy
Pada saat tamu telah siap untuk melakukan check out, maka tamu akan mengubungi petugas front office. Petugas resepsionis melakukan pencatatan nomor kamar serta melakukan pengecekan kamar pada sistem komputer. Petugas resepsionis kemudian menghubungi bellboy untuk melakukan koordinasi pembawaan barang. Petugas resepsionis juga memberitahukan pihak housekeeping, room service, serta operator telepon agar melakukan transaksi di front desk. Hal ini sebagai antisipasi tidak terlewatnya transaksi tamu hotel.
Bellboy kemudian menuju kamar tamu. Harus diperhatikan bahwa setelah sampai di kamar, bellboy dapat mengetuk pintu kamar ataupun menekan bel pada pintu dengan standar 3 kali ketukan atau tekanan pada bel. Kemudian bellboy menunggu dengan sopan di depan pintu hingga pintu dibukakan oleh tamu hotel. Setelah pintu dibuka, bellboy memberikan salam kepada tamu hotel dengan ramah dan senyuman. Be//boy membawa barang-barang tamu yang akan meninggalkan hotel dengan trolley yang diatur sedemikian rupa sehingga tidak merusak barang bawaan tamu. Selain itu Bellboy juga dapat membantu untuk melakukan pemerikasaan pada kamar tamu serta kamar mandi. Bila sewaktu pemeriksaan terdapat barang tamu yang tertinggal, bellboy dapat mengembalikan pada tamu sesegera mungkin. Selain itu pemeriksaan difungsikan sebagai salah satu cara untuk mengetahui adanya kerusakan serta kelengkapan fasilitas hotel yang ada di kamar tersebut. Bila ternyata terdapat kerusakan atau kehilangan maka bellboy dapat melaporkan kepada front desk agent. Bellboy harus memastikan bahwa lampu kamar telah dimatikan. Selain itu peralatan elektronik lainnya, seperti AC dan televisi juga telah dimatikan sebelum meninggalkan kamar hotel. Kamar kemudian dikunci dan diserahkan kepada petugas front office, hal ini berlaku bila tamu belum membawa kunci kamar. Bila kamar hotel telah menggunakan dey card, maka bellboy dapat mengambil kunci dari panel power listrik yang terletak di dekat pintu kamar. Dengan tercabutnya panel power listrik maka secara otomatis Peralatan elektronik akan mati.
Bellboy kemudian mengantar tamu menuju elevator,dan mempersilakan tamu untuk masuk terlebih dahulu. Setelah tamu masuk elevator, bellboy masuk dengan barang bawaan tamu hotel kemudian menekan tombol pada pintu e/evator dan menuju lobby hotel. Bellboy kemudian mengantarkan tamu hotel menuju resepsionis untuk melakukan pembayaran.
Untuk melakukan kroscek terkait tagihan tamu, maka resepsionis dapat menanyakan informasi tagihan kepada pihak Aousekeeping, restaurant, kasir bar, serta room service. Bila ternyata masih ada Maka pihak terkait dapat mengirimkan tagihan kepada petugas resepsionis.
Setelah tamu tiba di counter receptionist, maka resepsionis dapat menyapa tamu hotel dengan *opan dan ramah. Untuk memastikan nomor kamar, petugas dapat menanyakan nama tamu. Sebelum Pembayaran bill akan diserahkan pada tamu untuk diteliti. Kemudian dapat dilakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera pada tagihan.
Tamu kemudian dapat menyerahkan kunci kamar pada petugas reservasi bila sudah melakukan pelunasan pembayaran. Setelah pembayaran selesai, petugas resepsionis dapat menyampaikan ucapan terima kasih kepada tamu hotel serta harapan semoga tamu dapat kembali lagi ke hotel tersebut. Petugas reservasi jangan lupa untuk mengucapkan selamat jalan pada tamu hotel yang meninggalkan hotel.
Bellboy kemudian mengantarkan tamu hotel menuju main entrance berserta barang bawaan miliki tamu hotel. Pastikan kendaraan tamu sudah berada di main entrance dengan posisi pintu sudah dibuka oleh doorman. Doorman kemudian mempersilakan tamu untuk masuk ke kendaraan dengan senyuman ramah dan hangat. Pinti bagasi kendaaran dibuka untuk memasukkan barang bawan tamu hotel yang dilakukan oleh bellboy. Sebelum pintu kendaraan ditutup, petugas dapat mengingatkan kembali terkait barang bawaan | yang mungkin tertingal di hotel kepada tamu hotel. Petugas bellboy dapat mengucapkan rasa terima kasih atas kunjungan dari tamu hotel serta selamat jalan dan harapan suatu saat dapat menginap di hotel ini lagi.
No comments:
Post a Comment