Analisis Peluang Usaha dalam Wirausaha
Selamat datang di Blog Pecinta Ilmu Pengetahuan Apapun, disini akan dibahas mengenai materi analisis Peluang Usaha. silahkan dibaca.
Setiap usaha yang dijalankan pasti berorientasi mencari keuntungan. Namun, saat Anda berusaha tidak akan terlepas dari risiko yang akan dihadapi. Hal tersebut tidak perlu dicemaskan karena hanya akan memperlambat dan menghambat usaha. Untuk mengantisipasinya, persiapkan perhitungan secara matang langkah usaha yang akan ditempuh sehingga akan mengurangi risiko yang dihadapi. Ketersediaan informasi bagi Seorang wirausaha mutlak diperlukan.
Setelah seorang wirausaha mewujudkan ide dan peluang usaha tersebut, sebaiknya mulailah dari usaha yang berskala kecil terlebih dahulu. Di samping memperkecil risiko, langkah tersebut membantu mendayagunakan modal dan memantapkan strategi usaha. Dalam dunia bisnis selalu ada ungkapan, “dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya untuk mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya" Faktanya, untuk menjalankan ungkapan tersebut memang sulit dan tidak semudah membalikkan telapak tangan.
Itulah sedikit materi mengenai analisis peluang usaha, kunjungi terus Pecinta Ilmu Pengetahuan Apapun.
B. Tujuan dan Manfaat Analisis Peluang Usaha
Tujuan dari disusunnya analisis peluang usaha untuk mengetahui apakah suatu usaha tersebut layak atau tidak untuk dilaksanakan serta mengetahui keuntungan dan kerugian usaha tersebut kedepannya. Analisis lain dengan melakukan observasi langsung ke konsumen untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan yang ada di masyarakat.
Berdasarkan observasi tersebut, Anda dapat mengetahui besar kecilnya minat konsumen terhadap usaha yang dilaksanakan. Setelah mengobservasi, Anda membagi atau membuat segmentasi konsumen sehingga target konsumen dan keuntungan pun lebih mudah diraih. Oleh karena itu, wirausahawan harus jeli terhadap perubahan yang terjadi di masyarakat, seperti selera konsumen, kebiasaan masyarakat, saluran distribusi, serta perubahan teknologi dan komunikasi. Kesimpulannya, produk yang dibuat harus mampu menarik minat sehingga kegagalan usaha dapat dihindari. Selain itu, produk juga dapat dibuat lebih terjangkau bagi konsumen dengan cara sebagai berikut.
1. Memilih dan membuat produk yang bermanfaat, berkualitas, dan laku terjual dengan harga bersaing.
2. Membuat desain baru dengan harga terjangkau.
3. Membuat produk lebih cepat dan murah.
4, Memilih dan menentukan wilayah pemasaran yang lebih menguntungkan.
No comments:
Post a Comment