Analisis Peluang Usaha dalam Wirausaha ~ WEB PECINTA IPA <meta content='WEB PECINTA IPA' name='keywords'/>

WEB PECINTA IPA

Memuat Segala Ilmu Pengetahuan


Friday, December 31, 2021

Analisis Peluang Usaha dalam Wirausaha

Analisis Peluang Usaha dalam Wirausaha

Selamat datang di Blog Pecinta Ilmu Pengetahuan Apapun, disini akan dibahas mengenai materi  analisis Peluang Usaha. silahkan dibaca.

A. Apa itu Analisis Peluang Usaha ? 

Analisis peluang usaha adalah suatu analisis yang bertujuan mengetahui apakah usaha tersebut dapat dikerjakan, dilaksanakan, dan memberikan keuntungan di kemudian hari. Banyak sekali peluang usaha yang ada di sekitar Anda dengan terus mencari dan bertanya. Sebagai orang yang kreatif, calon wirausahawan akan mampu melihat begitu banyak peluang usaha yang berpotensi untuk diciptakan. Cara mengidentifikasi peluang usaha atau bisnis wirausahawan harus bekerja keras, ulet, dan percaya kepada kemampuan diri sendiri. Untuk menggali dan memanfaatkan peluang usaha, seorang wirausaha harus berpikir positif dan kreatif dengan cara sebagai berikut.
1. Percaya bahwa usaha dapat dilaksanakan.
2. Menerima gagasan baru.
3. Mendengarkan saran orang lain.
4. Memiliki etos kerja tinggi.
5. Pandai berkomunikasi.

Menurut Paul Charlap, ada empat rumusan mencapai sukses, yaitu
1. work hard (bekerja keras):
2. work smart (bekerja cerdas):
3. enthusiasm (kegairahan): dan
4. service (pelayanan).

Oleh sebab itu, ketika muncul peluang usaha baru Anda harus segera membuat inisiatif dengan merencanakan apa saja yang akan dilakukan untuk melaksanakan peluang tersebut. Bagi wirausahawan, pengenalan diri merupakan modal awal untuk dapat mengenali lingkungannya, mengindra peluang usaha, dan mengerahkan sumber daya untuk meraih peluang usaha yang ada. Seorang wirausaha harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk mengarahkan dirinya memperoleh peluang, menyusun konsep usaha, merencanakan masuk pasar, mengembangkan diri serta dibekali dengan teknik-teknik usaha tertentu. Banyak jenis usaha yang dapat dikelola bergantung pada beberapa hal, yaitu
1. minat seseorang:
2. modal yang dimiliki:
3. relasi yang dimiliki: dan
4. berbagai peluang lainnya.

Setiap usaha yang dijalankan pasti berorientasi mencari keuntungan. Namun, saat Anda berusaha tidak akan terlepas dari risiko yang akan dihadapi. Hal tersebut tidak perlu dicemaskan karena hanya akan memperlambat dan menghambat usaha. Untuk mengantisipasinya, persiapkan perhitungan secara matang langkah usaha yang akan ditempuh sehingga akan mengurangi risiko yang dihadapi. Ketersediaan informasi bagi Seorang wirausaha mutlak diperlukan.

Setelah seorang wirausaha mewujudkan ide dan peluang usaha tersebut, sebaiknya mulailah dari usaha yang berskala kecil terlebih dahulu. Di samping memperkecil risiko, langkah tersebut membantu mendayagunakan modal dan memantapkan strategi usaha. Dalam dunia bisnis selalu ada ungkapan, “dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya untuk mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya" Faktanya, untuk menjalankan ungkapan tersebut memang sulit dan tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Itulah sedikit materi mengenai analisis peluang usaha, kunjungi terus Pecinta Ilmu Pengetahuan Apapun.

B. Tujuan dan Manfaat Analisis Peluang Usaha 

Tujuan dari disusunnya analisis peluang usaha untuk mengetahui apakah suatu usaha tersebut layak atau tidak untuk dilaksanakan serta mengetahui keuntungan dan kerugian usaha tersebut kedepannya. Analisis lain dengan melakukan observasi langsung ke konsumen untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan yang ada di masyarakat. 

Berdasarkan observasi tersebut, Anda dapat mengetahui besar kecilnya minat konsumen terhadap usaha yang dilaksanakan. Setelah mengobservasi, Anda membagi atau membuat segmentasi konsumen sehingga target konsumen dan keuntungan pun lebih mudah diraih. Oleh karena itu, wirausahawan harus jeli terhadap perubahan yang terjadi di masyarakat, seperti selera konsumen, kebiasaan masyarakat, saluran distribusi, serta perubahan teknologi dan komunikasi. Kesimpulannya, produk yang dibuat harus mampu menarik minat sehingga kegagalan usaha dapat dihindari. Selain itu, produk juga dapat dibuat lebih terjangkau bagi konsumen dengan cara sebagai berikut. 

1. Memilih dan membuat produk yang bermanfaat, berkualitas, dan laku terjual dengan harga bersaing. 

2. Membuat desain baru dengan harga terjangkau. 

3. Membuat produk lebih cepat dan murah. 

4, Memilih dan menentukan wilayah pemasaran yang lebih menguntungkan. 


No comments:

Post a Comment