Jenis-jenis Permintaan Tamu Hotel Yang Berhubungan Dengan Housekeeping ~ WEB PECINTA IPA <meta content='WEB PECINTA IPA' name='keywords'/>

WEB PECINTA IPA

Memuat Segala Ilmu Pengetahuan


Monday, November 29, 2021

Jenis-jenis Permintaan Tamu Hotel Yang Berhubungan Dengan Housekeeping

Jenis-jenis Permintaan Tamu Hotel Yang Berhubungan Dengan Housekeeping 

Tamu yang menginap di hotel sudah pasti mendapatkan fasilitas, tetapi jika tamu membutuhkan sesuatu yang tidak disediakan, mereka akan menghubungi kembali pihak hotel. Pihak hotel akan selalu memenuhi kebutuhan tamu sehingga tamu tetap merasa nyaman selama menginap. Permintaan tamu hotel bermacam-macam bentuknya. Berikut adalah jenis-jenis permintaan tamu hotel yang berkaitan dengan housekeeping. 

1. Permintaan Pembersihan Kamar 
Dalam memenuhi permintaan pembersihan kamar tamu, prosedur penanganan yang harus dilakukan, yaitu sebagai berikut 
a. Order taker segera menyampaikan permintaan tersebut kepada petugas kamar (room attendant). 
b. Order taker mencatat permintaan pelayanan pembersihan kamar ke dalam order taker logbook. 
c. Pastikan untuk mencatat jam diterimanya order, nomof kamar, jenis order, asal order (nama tamu yang meminta). dan nama room attendant yang menerima order. 
d. Room attendant yang menerima permintaan tamu tersebut segera mendatang! kamar tamu dengan membawa peralatan untuk membersihkan kamar. 
e. Jika semua room attendant masih bekerja di kamar lain. floor supervisor wajib meminta maaf kepada tamu atas keterlambatan tersebut dan meminta tamu untuk menunggu. 

2. Permintaan Penambahan Tempat Tidur (Extra Bed) 
Dalam memenuhi permintaan penambahan tempat tidur oleh tamu, prosedur penanganan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut. 
a. Permintaan extra bed akan dilayani setelah ada persetujuan dari Front Office Department. 
b. Setelah menerima order, petugas order taker segera menyampaikan order tersebut kepada petugas kamar (room attendant). 
c. Petugas kamar (room attendant) segera menyiapkan extra bed dan mengirimkannya ke kamar yang bersangkutan. 
d. Extra bed diletakkan sejajar dengan tempat tidur yang ada di kamar atau disesuaikan dengan situasi dan kondisi kamar. 
e. Penambahan tempat tidur diikuti dengan penambahan jumlah handuk (towel). 
f. Kode status kamar diubah menjadi 03 (occupied by 3 (three) persons) dan dicatat dalam housekeeping report. 
g. Untuk anak di bawah 12 tahun diberi gratis dan status kamar tetap O2 (occupied by 2 (two) persons). 

3. Permintaan Penggantian Linen 
Dalam memenuhi permintaan penggantian linen oleh tamu, Prosedur penanganan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut. 
a. Permintaan penggantian linen dicatat dalam order taker logbook, seperti jam diterimanya order, nomor kamar, jenis permintaan, pemberi order, penerima order, dan keterangan linen. 
b. Permintaan penggantian linen segera disampaikan ke petugas kamar (room attendant) melalui telepon atau metode komunikasi yang lain. 
c. Petugas kamar (room attendant) mengganti linen sesuai permintaan dan mengambil linen yang kotor. 
d. Jika penggantian linen disertai dengan penambahan jumlah « linen, hal ini harus dicatat  dalam room attendant ' worksheet ataupun order 
taker logbook sebagai penambahan barang ekstra. 
e. Kehilangan linen di kamar akan dibebankan ke tagihan tamu. 

4. Permintaan Guest Supplies Tambahan
Dalam memenuhi permintaan guest supplies tambahan oleh tamu, prosedur penanganan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut. 
a. Permintaan guest supplies tambahan dicatat dalam order takef logbook, seperti jam diterimanya order, nomor kamar, jenis permintaan, pemberi order, dan keterangan guest supplies yang diminta. 
b. Permintaan guest supplies tambahan segera disampaikan ke petugas kamar melalui telepon atau alat komunikasi yang lain. 
c. Petugas kamar (room attendant) akan mengantar guest supplies yang diminta ke kamar tamu. 
d. Tambahan guest supplies dicatat dalam room attendant worksheet, 

No comments:

Post a Comment